Training Marketing HandalTraining MotivasiTraining OutboundJual Kayu Khusus FirewalkTraining Entrepreneur
                             

Sabtu, 02 Februari 2013

Bagaimana Cara Menikmati Patah Hati



Baru saja patah hati. Wajar jika saat ini merasa sedih, kecewa, dan kesepian. Namun, jangan biarkan diri terpuruk terlalu lama. Segera bangkit dan hadapi dunia kembali!

Anda tidak bisa mengandalkan waktu untuk menyembuhkan luka hati karena waktu tidak akan menyembuhkan luka tanpa bantuan Anda. Sekaranglah saatnya Anda mulai melakukan langkah-langkah strategis untuk bangkit dari patah hati.

PENYANGKALAN
Kehilangan kekasih secara tiba-tiba sangat menyakitkan. Jadi, tidak apa-apa bila Anda melakukan penyangkalan dengan mengatakan pada diri sendiri bahwa segalanya baik-baik saja. Dengan penyangkalan, Anda sebenarnya sedang mempersiapkan diri dan hati untuk menghadapi dan mengatasi kenyataan. Namun, yang perlu diingat adalah penyangkalan harus ada batasnya. Kebanyakan orang butuh waktu beberapa hari untuk siap menghadapi kenyataan.

Saran:
- Jangan membicarakan tentang patah hati yang Anda alami.
- Biarkan tumpukan benda-benda kenangan Anda bersamanya berada di tempatnya.
- Jalankan kegiatan rutin sehari-hari seperti biasa.
- Beri suntikan-suntikan positif pada diri sendiri, misalnya “Aku baik-baik saja,” atau “Aku dalam keadaan tenang.”
- Carilah kegiatan mengasyikkan untuk mengalihkan perhatian.

PENYEMBUHAN DIRI
Ketika tubuh dan pikiran telah pulih dari kejutan kehilangan kekasih, Anda akan memasuki fase kesadaran. Di masa ini, Anda mulai mempertanyakan kemampuan diri untuk mengatasi kehilangan itu. “Apa yang harus aku lakukan tanpa dirinya?” Dalam usaha untuk mengendalikan gejolak emosi, sering kali orang yang terserang patah hati menenggelamkan diri dalam kesibukan. Padahal, ini hanya akan membuat Anda hidup di bawah tekanan. Yang Anda butuhkan adalah meluangkan waktu untuk memanjakan diri sendiri.

Saran:
- Penuhi lemari es dan lemari makanan dengan buah dan camilan sehat. Tahan diri untuk mengonsumsi makanan yang menggoda tapi membuat Anda menjadi lebih gemuk.
- Nikmatilah ritual mandi Anda.
- Bacalah novel atau majalah ringan dan nikmati di sofa empuk Anda.
- Hubungilah seorang sahabat yang Anda tahu cukup suportif.
- Tidur Anda mungkin terganggu, jadi sediakanlah makanan ringan di samping tempat tidur, kalau-kalau Anda terjaga di tengah malam.
- Daripada Anda murung dalam kegelapan, bukankah lebih baik Anda menikmati minuman hangat dan kudapan ringan?
- Ikutlah kelas yoga, taichi, atau pilates yang akan membantu meringankan ketegangan tubuh Anda.

MENGOLAH EMOSI
Pastikan tubuh Anda dalam keadaan sehat untuk memasuki fase ini. Langkah berikutnya adalah menyelami kepedihan hati Anda dengan cara mengolah emosi-emosi yang terpicu oleh kepedihan itu.

Saran:
- Sisihkan waktu untuk memutar ulang peristiwa penting dari hubungan asmara dalam pikiran Anda. Ketika Anda melihat foto-foto atau benda-benda simbolis dari kekasih Anda, apa yang Anda rasakan, apakah rasa marah atau sakit hati?
- Tuliskan saja apa yang Anda rasakan. Jika Anda ingin memaki atau bersikap sentimentil, di sinilah tempatnya.
- Mintalah seorang sahabat terpercaya untuk diajak bicara tentang pengalaman Anda ini.
- Lepaskan ketegangan Anda, misalnya dengan berteriak sekencang-kencangnya. Namun, setelah itu, imbangi dengan relaksasi untuk menolong mengendurkan ketegangan pikiran dan tubuh.

HIBUR DIRI
Anda telah melewati masa-masa menyedihkan, kini saatnya memberi imbalan bagi diri sendiri. Bersenang-senang dan hibur diri Anda sebaik mungkin.

Saran:
- Pergilah mengunjungi suatu tempat yang sudah lama Anda inginkan untuk memanjakan diri, namun tak pernah masuk dalam agenda karena kesibukan.
- Rencanakan perjalanan ke negara yang selalu ingin Anda kunjungi. Setelah kembali, pajanglah foto-foto liburan Anda di tempat yang mudah terlihat di rumah.
- Manjakanlah diri dengan hobi atau minat baru Anda.
- Berilah hadiah kecil yang Anda inginkan, bukan yang Anda butuhkan. Hadiah tidak harus mahal lho, sekotak cokelat pun bisa dijadikan hadiah.

BE A NEW YOU
Setelah berhasil keluar dari “lubang hitam”, selanjutnya bangun diri Anda ke arah lebih baik. Jika selama ini Anda malas mengubah penampilan, mungkin sekarang saat yang tepat. Jadikan patah hati sebagai momen yang tepat untuk memperbaiki diri.

Saran:
- Buatlah daftar tiga ciri dari fisik yang Anda anggap menarik. Pilihlah salah satu atau lebih untuk diberi perawatan dan perhatian ekstra. Misal, jika pilihannya rambut, potonglah rambut dengan model terbaru, dan berilah dengan warna baru pada rambut Anda.
- Buatlah daftar tiga sifat baik Anda. Pilihlah salah satu untuk dilatih. Misalnya, sifat baik Anda penuh perhatian. Maka ajaklah orangtua Anda ke tempat yang mereka suka.
- Tingkatkan salah satu kemampuan intelektual Anda. Misalnya, kemampuan menyelesaikan masalah. Maka, manjakan diri dengan memecahkan puzzle, atau isilah lebih banyak lagi teka-teki silang. Jadi, ingatlah, sepahit apa pun rasa sakit Anda karena patah hati, you will survive./*

Sumber: http://101ceritacinta.blogspot.com/